Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumbang Koksi, Objek Makro Teman Petani

ISO100, 90mm, f/5
Serangga ini biasa disebut dengan kumbang koksi, ada juga yang menyebutnya kumbang kepik. Di luar negeri biasa disebut juga LadyBug. Warnanya cukup unik, biasanya berwarna oranye dengan bercak-bercak hitam pada tubuhnya, mirip seperti anjing dalmation versi oranye. Foto kumbang koksi ini diambil di pagi hari di sekitar lapangan rumput di Depok. Biasanya muncul di pagi hari saat matahari baru terbit.

Ngomong-ngomong kumbang ini bersahabat dengan para petani loh.....karena sebagian besar kumbang ini adalah predator yang suka memakan mahluk-mahluk kecil seperti kutu, larva atau serangga kecil lainnya yang tentunya sangat membantu petani dalam membasmi beberapa jenis kutu daun.

Jika akan menjadikan serangga ini sebagai objek makro kamu, tidak ada teknik khusus hanya sebaiknya tunggu sampai posisi kumbang berada di posisi yang bagus untuk difoto. Jangan sekali-sekali dipindahkan dengan tangan untuk ditempatkan ke posisi yang bagus, karena kumbang ini biasanya akan pura-pura mati dengan cara menarik kakinya ke dalam dan mengeluarkan lendir yang baunya tidak enak. Kalau sudah begini, tentunya tidak menarik lagi untuk difoto kan.

Pada foto kumbang koksi di atas, saya ambil dengan bukaan yang cukup besar (f/5.0) dan cukup membuat background berupa dedaunan hijau di belakang menjadi blur.

Post a Comment for "Kumbang Koksi, Objek Makro Teman Petani"