Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulat Bulu, Serangga Eksotik yang Cocok DIabadikan dalam Lensa Makro

ISO100, 90mm, f7.1
Siapa yang kenal dengan ulat bulu......semua orang pasti tahu dengan binatang yang satu ini. Kalau sampai tangan kita menyentuh bulu-bulunya, gatalnya bakalan nyebar kemana-mana, bukan cuma ditangan tapi merembet ke badan, kaki, muka dan bisa jadi seluruh badan kita.

Tapi untuk urusan foto makro, ulat bulu ini mungkin serangga yang paling mudah untuk dijadikan objek ya......gerakannya lambat, bahkan cenderung diam. Masalah warna.....jangan diragukan lagi, gak kalah dengan warna serangga-serangga lainnya, karena ulat bulu pada dasarnya adalah tahapan awal dari metamorfosa kupu-kupu. Jadi kalau warna ulat bulunya cantik, pasti nanti juga akan menjadi kupu-kupu yang cantik. 

Untuk waktu keluar, ulat gak punya jadwal seperti serangga lainnya yang keluar pada jam-jam tertentu saja. Pagi, siang, sore bahkan malam, mudah untuk menemukan serangga yang satu ini. Tapi untuk dapatkan hasil foto makro yang maksimal, baiknya foto diambil di pagi hari antara jam 7 hingga jam 9 pagi. Waktu tersebut adalah golden time dalam pengambilan foto makro agar dapat pencahayaan yang bagus dari cahaya alami.

Foto di atas saya ambil di sebuah halaman rumah tua di sekitar Depok yang sudah banyak ditumbuhi rumput jelatang. Ya memang disitulah tempat hidup ulat. Kalau kamu mau hunting ulat sebagai objek makro, siap-siap badan gatal aja ya ........(MM)

Post a Comment for "Ulat Bulu, Serangga Eksotik yang Cocok DIabadikan dalam Lensa Makro"